GadgetsNewsStyleTechnology

Drone yang dipakai untuk memantau WorldCup

Untuk acara World Cup atau kejadian olahraga besar lainnya, penggunaan drone telah menjadi semakin umum sebagai bagian dari produksi siaran langsung atau untuk mendapatkan sudut pandang yang unik dalam cakupan acara tersebut.

Drone yang digunakan untuk World Cup umumnya merupakan jenis drone kamera yang memiliki kemampuan untuk merekam video berkualitas tinggi dan dapat dikendalikan dari jarak jauh. Beberapa perusahaan produsen drone seperti DJI, Parrot, dan Yuneec sering kali menjadi pilihan populer karena mereka menawarkan drone yang dapat diandalkan dengan teknologi terbaru.

Drone yang dipakai untuk acara-acara semacam ini harus mematuhi aturan keselamatan penerbangan yang ketat dan seringkali harus dioperasikan oleh operator yang telah dilatih dan bersertifikasi. Selain itu, drone yang digunakan di area publik atau di sekitar acara besar sering kali memerlukan izin dan persetujuan khusus dari pihak berwenang.

Penggunaan drone dalam acara olahraga seperti World Cup memberikan kemungkinan untuk pengambilan gambar yang spektakuler dan sudut pandang yang tidak mungkin didapatkan dengan kamera konvensional. Namun, hal ini juga memerlukan perencanaan yang matang dan pemantauan yang ketat untuk memastikan keamanan dan kepatuhan terhadap semua peraturan yang berlaku.

Drone yang digunakan untuk acara World Cup adalah Drone FPV (First Person View) yang dirancang khusus untuk balapan. Drone ini memiliki kecepatan yang tinggi, manuver yang lincah, dan daya tahan baterai yang baik. Beberapa drone FPV yang populer untuk balapan antara lain:

    • Kecepatan : 200 km/jam atau lebih

    • Bobot : 200-300 gram

    • Daya tahan baterai: 5-10 menit

    • Drone-drone ini dilengkapi dengan kamera FPV yang memungkinkan pilot melihat apa yang dilihat drone. Kamera ini biasanya memiliki resolusi 720p atau 1080p.

Untuk balapan World Cup, drone-drone ini dimodifikasi agar lebih aman dan tahan lama. Modifikasi yang umum dilakukan antara lain:

  • Penambahan rangka dan pelindung untuk melindungi drone dari benturan
  • Penambahan sistem failsafe untuk mencegah drone jatuh jika pilot kehilangan kontrol
  • Penambahan sistem GPS untuk membantu drone tetap di jalurnya.

Drone-drone ini dikendalikan oleh pilot menggunakan remote control. Remote control ini biasanya memiliki layar LCD yang menampilkan gambar dari kamera FPV. Pilot menggunakan joystick untuk mengontrol arah drone

Balap Drone World Cup adalah olahraga yang sangat kompetitif. Pilot-pilot yang berpartisipasi dalam balapan ini harus memiliki keterampilan yang tinggi dan peralatan yang canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *