EntertainmentNewsSports

Pertandingan Tennis: Ayo Roger Federer

Dunia tenis setidaknya harus berterima kasih kepada dua sosok, Roger Federer dan Rafael Nadal, sebagai ikon tenis modern.

Fedal – begitu laga Roger Federer vs Rafael Nadal ini dikenal – adalah salah satu persaingan paling disorot di dunia olahraga.

Bahkan, persaingan ini tampak dari sisi fisik kedua legenda: tangan kanan Federer ke kiri Nadal, backhand elegan Federer ke forehand Nadal yang kuat, sikap tenang Federer hingga auman ganas Nadal di lapangan.

Namun, laga Federer vs Nadal takkan lagi bisa dinikmati di lapangan internasional. Keduanya menjalani laga terakhir sebagai ganda di Laver Cup 2022.

“Ketika Roger meninggalkan tur, ya, bagian penting dari hidup saya juga pergi karena semua momen kami berdua bersinggungan, momen-momen penting dalam hidup saya,” kata Rafael Nadal yang emosional setelah bermain bersama di Laver Cup 2022/

“Di lapangan, kami memiliki gaya yang benar-benar berlawanan, dan itulah yang mungkin membuat pertandingan kami dan persaingan kami mungkin salah satu yang terbesar dan paling menarik.”

“Sangat bangga menjadi bagian dari karirnya dalam beberapa hal. Tetapi bahkan lebih bahagia untuk menyelesaikan karir kami seperti teman setelah semua yang kami bagikan di lapangan seperti rival.”

Dalam momentum perpisahan yang sama, Roger Federer juga menyuarakan pemikiran serupa.

“Kami (Fedal) sangat terhubung, terutama 10 tahun terakhir. Saya bisa menelepon Rafa dan membicarakan apa saja, saya harap dia merasakan hal yang sama,” kata Federer.

Pada rivalitas keduanya, Rafael Nadal memimpin head-to-head dengan 24 kemenangan sementara Roger Federer telah memenangkan 16 pertandingan.

Skor Indonesia merangkum tiga pertandingan terbaik Roger Federer vs Rafael Nadal sepanjang karier kedua legenda.

3. Roger Federer vs Rafael Nadal: Final Australia Terbuka 2017

Final Australia Terbuka 2017 menampilkan Roger Federer dan Rafael Nadal yang menentang usia senior dan persepsi “masa yang telah habis.” Mereka menunjukkan kelasnya sebagai petenis dengan mencapai partai puncak.

Federer memasuki gelaran Australia Terbuka ke-16. Nadal, di sisi lain, belum pernah memenangkan Grand Slam sejak Prancis Terbuka 2014 dan tidak pernah mencapai perempat final Grand Slam sejak Prancis Terbuka 2015.

Namun, keduanya berhasil mencapai final dengan beberapa permainan tenis yang luar biasa dan menghasilkan lebih banyak momen menarik di final.

Saat itu, Roger Federer mengalahkan Rafael Nadal dalam lima set, 6–4, 3–6, 6–1, 3–6, dan 6–3.

 2. Final Miami Masters Series 2005

Roger Federer datang ke Miami Masters ini dengan 21 kemenangan beruntun. Dia baru saja menang di Indian Wells dan ingin membalas kekalahan pertamanya dari Nadal.

Sedangkan Rafael Nadal ingin meraih gelar hardcourt pertama dalam kariernya. Dia adalah finalis termuda dalam sejarah Miami Masters kala itu.

Nadal memulai dengan awal yang baik, membuat petenis nomor satu dunia dua kali melakukan kesalahan dan merebut set pertama 6-2.

Federer tampaknya menguasai set kedua, memimpin 5-2, tetapi Nadal bangkit untuk memaksakan tiebreak. Dia membawa momentum ini ke tiebreak dan memenangkannya dengan set 7-4. 

Federer yang kala itu duduk sebagai petenis nomor 1 dunia melepaskan satu setnya. Namun, “dendam dibayar lunas,” Federer merebut empat set berturut-turut kepada Nadal.

 

Pada skor akhir, Federer menang atas Rafaek Nadal, 2-6, 6-7(4), 7-6(5), 6-3, dan 6-1.

1. Final Wimbledon 2008

Bukan hanya pertandingan terbesar Federer vs Nadal, tetapi juga dianggap oleh banyak orang sebagai pertandingan tenis terhebat yang pernah dimainkan.

Final Wimbledon 2008 menjadi satu pertandingan yang paling dinanti sepanjang masa Federer ingin memenangkan gelar Wimbledon keenam berturut-turut dan gelar major ke-13 secara keseluruhan.

Sedangkan, Nadal yang saat itu masih muda mengincar gelar Wimbledon pertamanya.

Momentum bolak-balik terjadi di pertandingan itu. Nadal unggul dua set, sebelum Federer menyamakan kedudukan menjadi dua set sama kuat.

Laga Nadal vs Federer terpaksa bermain selama empat jam 48 menit, sebelum Nadal memastikan diri kalahkan Federer dalam laga lima set, 6-4 6-4 6-7(5) 6-7(8) dan 9-7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *